31 Oct 2015

Pokok - pokok ajaran islam


Islam adalah agama paling sempurna yang di turunkan kepada rasulullah saw. Ada beberapa wahyu yang diturunkan oleh Allah melalui malaikat kepada nabi dan rasul di antaranya adalah kitab taurat kepada nabi musa as, kitab sabur kepada nabi daud as, kitab injil kepada nabi isa as dan kitab suci al Quran kepada nabi muhammad saw.  Membahas masalah islam adalah penting bagi seluruh umat muslim sebagai agama sempurnaNya. Untuk itu kita perlu mengetahui apasaja dan bagaimana pokok-pokok ajaran islam sebagai dasar keimanan kita kepa Allah swt. 


pokok pokok ajaran sesungguhnya mendasar pada iman. apabila keimana kita kuat maka insyaallah kita akan sepenuh hati mencintai Allah swt. yang menjadi dasar pokok ajaran islam adalah pada rukun iman. seperti yang kita ketahui rukum iman islam antara lain :

1. Iman kepada Allah SWT
Iman kepada Allah adalah mempercayai dengan sepenuh hati dan jiwa bahwa Allah itu ada, yang patut kita sembah. Dialah yang menciptakan segalah sesuatu di alam semesta ini, yang menghendaki apa yang diperintahkan sehinggah kita dapat menemukan jalan kebenaran. Allah tidak perna akan menyesatkan kita, sesungguhnya Allah bersama kita lebih dekat dari urat nadi. Untuk itu kita harus yakini tanpa kita melihatnya dengan mata telanjang tapi kita tahu di ada bersama kita. Kitapun harus selalu bersyukur atas nikmat yang di dapatkan seharian, dengan cara inilah kita dapat mendekatkan diri kepada Allah swt.
2.  Iman Kepada Malaikat
Iman kepada Malaikat adalah mempercayai bahwa malaikat itu ada dan selalu mengawasi kita di setiap saat, apapun dan dimanapun kita berada. Malaikat yang di ciptakan dari nur atau cahaya merupakan penciptaanNya tanpa di dasari dengan rasa nafsu sehingga Malaikat selalu setia kepada Allah sampai hari akhir akan datang
3. Iman kepada Kitab kitab 
Iman kepada Kitab kitab Allah adalah meyakini dalam hati bahwa Allah menurunkan mukjisat wahyu berupa aturan-aturan manusia di muka bumi ini. Kita perlu percayai bahwa kitab injil, sabur, taurat, dan Al Quran adalah wahyu allah yang di berikan kepada manusia manusia pilihan Allah
4.Iman Kepada Rasul
Iman kepada rasul adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa rasul-rasul Allah adalah manusia manusia pilihanNya yang di tugaskan untuk membawa kebaikan di muka bumi ini. Rasul yang di berikan mukjisat dari Allah agar manusia percaya dan meyakini bahwa Allah itu ada dan wajib kita sembah.
5. Iman kepada  Hari Akhir
Iman kepada hari akhir adalah meyakini dalam hati bahwa hari akhir pasti akan terjadi dengan kuasa Allah semata. Tidak ada satupun yang dapat menghentikannya, tidak ada yang dapat lari, tidak ada yang dapat mengetahuinya kapan Hari akhir itu terjadi. Sesungguhnya Akan terjadi hari akhir nantinya.
6. Iman Kepada Qadha dan Qadar
Qadhadan qadar adalah ketetaan dan ketetapan Allah swt. itulah sebabnya bahwa kita harus menyakini bahwa dalam hidup di dunia ini sudah ada takarannya dan tinggal bagaiman seorang manusia menjalinya. inilah yang menjadi bukti kebesaran Allah kepada umatnya.
Maka dari itu kita perlu meyakini dengan sepenh hati bahwa allah itu ada dan wajib kita sembah meskipun tidak kita lihat akan tetapi dapat kita rasakan.


Load disqus comments

0 komentar