10 Nov 2014

Proposal - Struktur dan Cara pembuatan proposal kegiatan

Proposal adalah rancangan kerja yang dituangka dalam bentung rencana kerja untuk memproleh tujuan tertentu. Proposal Ada beberapa macam antara lain Proposal Penelitian, Proposal kegiatan, Proposal usaha dan lainnya. Propusal bertujuan untuk mengajukan rancangan kerja yang akan dilakukan. Untuk proposal kegiatan ada beberapa struktur yang harus diperhatikan dalam pembuatannya. Meskipun Proposal kegiatan hampir sama dengan makalah tapi memiliki beberapa hal yang berbeda. untuk struktur dan cara pembuatan proposal kegiatan antara lain :

1. Sampul
Proposal kegiatan harus memiliki sampul menggunakan logo kegiatan atau bisa menggunakan logo organisasi. Disampul juga ditulis Nama kegiatan yang akan dilaksanakan. di bagian baah ditulis instansi pelaksana kegiatan.
2. Latar Belakang
Dalam menulis latar belakang perlu dikatehui. Tidak semertamerta latar belakang di tulis tetapi latar belakang dimulai ke hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus.
5. Nama Kegiatan
Nama kegiatan adalah nama yang akan dilaksanakan pada kegiatan tersebut.
4. Tema
Tema kegiatan yang ditulis sesuai dengan tema yang disepakati secara bersama pada forum atau tema yang telah ada sebelumnya.
5. Tujuan
Tujuan kegiatan adalah tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut dan mecakup alasan kegiatan ini.
6. Jenis Kegiatan/Acara Kegiatan
jenis kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan. Seluruh jenis kegiatan harus di tulis karena instansi akan melihat banyaknya kegiatan yang direncanakan. Setiap kegiatan harus dijelaskan maksud dan tujuannya.
7. Sarana Promosi
Sarana promosi adalah keuntungan dari sponsor.sarana promosi mulai dari umbul-umbul, pakaian, pamplet, browsure, spanduk, audio dan Hitungan pembagian persen sponsor. Besar persen yang disumbangkan oleh sponsor menentukan besar atau kecilnya logo sponsor. 
8. Etimasi Anggaran
Etimasi anggaran adalah jumlah alokasi kesuluruhan dana yang akan digunakan. ditulis secara detail dengan harganya. Mulai dari perlengkapan, administrasi, komsumsi, piala, plakat, panggung, sound dan lainnya. Atimasi anggaran adalah hal penting karena yang utama diperiksa oleh instansi adalah Anggaran.
9. Penutup
Penutup adalah permuhonan terima kasih sekaligus permohonan maaf kepada instansi. Tanda tangan dan stempel harus ada karena sah tidaknya proposal ada pada tanda tangan dan stempel.
10. Susunan Kepanitiaan
Susunan kepanitiaan harus ada karena bisa saja sponsor menggunakan sarana pakaian jadi menggunakan hitungan struktur kepanitiaan. selain itu instansi juga melihat benyak tidaknya kepanitiaan, mengetahui ketua panitia dan penanggung jawab kegiatan. SK terlampir di belakang penutup tetapi boleh juga di awal penutup.

Semoga Bermanfaat !!!
Load disqus comments

0 komentar