25 Nov 2014

Politik - Pengertian Politik

kata politik berasal dari bahasa yunani, polis yang berarti kota. Politik mengandung pengertian adanya hubungan khusus antara manusia antara manusia yang hidup bersama, yang menimbulkan adanya aturan, kewenangan dan kekuasaan. Politik bisa juga dikatakan sebagai kebijakan, kekuatan dan pemerintahan.
Politik dalam bahasa arab di sebut siyasa atau dalam
bahasa inggris di sebut politics, yang berarti cerdik atau bijaksana. Dalam pembicaraan sehari-hari, kita seakan-akan mengartikan politiksebagai suatu cara yang digunakanuntuk mencapai suatu tujuan. Pada dasarnya politik mempunyai ruang lingkup negara, membicarakan politik berarti membicarakan negara, karena teori politik menyelidiki negara sebagai lembaga politik yang memengaruhi hidup masyarakat. Selain itu politik juga membahas ide-ide, asas-asas sejarah pembentukan negara, hakikat negara, bentuk dan tujuan negara, pressure group, interest group, elit politik, pendapat umum, peranan partai politik dan pemilihan umum.
Ada kata politik dalam bahasa indonesia, mempunyai beberapa pengertian menurut penggunaannya seperti berikut.
Pengertian politik sebagai suatu ilmu
Menurut Mariam Budiardjo pada umumnya dapat dikatakan bahwa politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistempolitik (negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu, serta cara melaksanakan tujuan-tujuan itu.
Pengertian politik sebagai suatu kegiatan
Berpolitik adalah  melakukan usaha-usaha untuk memperoleh kekuasaan dan bagaimana caranya untuk mempertahankan kekuasaan itu. Devid Easton dalam bukunya yang berjudul The political system, mengatakan bahwa kehidupan politik mencakup bermacam-macam kegiatan yang memengaruhi kebijakan dari pihak yang berwenang, yang diterimah oleh suatu masyarakat dan yang memengaruhi cara untuk melaksanakan kebijakan itu.
Pengertian politik sebagai suatu kebijakan
Dalam hal ini politik diartikan sebagai usaha seseorangatau kelompok orang atau kelompok pemerintahan dalam mencapai tujuannya yang telah di tetapkan dengan cara-cara lain yang dapat dilakukan.

Semoga Dapat bermanfaat !!!

Sumber : Suprapto,Ngadimin Winata ,  Edison A. Jamil, Suharyanto, Vipti retna nugraheni, Sri puspita murni.Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Kelas XI.jakarta:Bumi Aksara

Ketika Kita Ingin Melihat PELANGI Yang Indah
Maka Kita Membutuhkan Hujan Dan Matahari
~ Fatur ~
Load disqus comments

0 komentar