26 Nov 2014

Aneka ikan laut yang populer

Banyak ragam ikan  laut dipasaran, dan beragam pula nama da bentuknya. Tidak jarang antara ikan yang satu dengan yang lainnya sangat mbairip sehinggah membigungkan orang awam atau orang pemula yang baru kenal. Sebaliknya ada juga ikan yang sungguh-sungguh berbeda dengan ikan-ikan kebanyakan yang begitu mempengasona orang, tetapi masih saja kita sulit mengIngat namanya. Seperti ikan scorpio yang mempunyai bentuk bak kalajengking serta berumbai-berumbai.

Sekalipun jumlah sangat banyak, Namun pada artikel ini akan dibahas beberapa ikan laut yang populer. Berikut adalah ikan laut yang populer :

1. Anularis
Badanyalebar dan pipih kesamping. Warna dasar badanya kning tua hinggah merah mudah dengan hiasan garis berwarna biru yang menyerong memotong badannya. Pada pinggiran sirip dan pinggiran anus dibatasi oleh garis berwarna biru juga. disekitar matanyapun termasuk garis gris tipis berwarna bru juga dikenngnya. Mulut terletak diujung moncong (Terminal). Dan sirip ekor berwarna putih susu.

Anularis atau kambingan Merupakan salah satu spesies dalam kelompok angelfish yang sangat aktraktif. Kombinasiwarna badannya yang sangat tergelar pada tubuh lebarnya memang sudh berbicara itu. Seorang srilangka Roudney Junklaas, Menulis bahwa ikan ini sering berkeliaran didaerah pantai pada jarak beberapa kaki.

2. Belesutum
Bentuk badannya lebar, menyerupai segitiga. Sisiknya kecil-kecil dengan bentuk sirip punggung dan sirip dubur yang sebangun, agak membulat. Ikan yang masih mudah sangat kontras dengan biangnya yang sudah tua. Selagi muda badannya Berwarna biru mudah yang embentuk  bulatan-bulatan, tapi setelah tua bulatan-bulatan itu berubah menjadi garis-garis mlintan secara vertikal dibadannya dan warnanyapun berubah menjadi keabu-abuan dibagian belakang dan berwara kuning didepannya.
Tergolong ikan yang begus dan membentuk garis-garis, Namun agak sulit hidup diaquariumapabila kondusi airnya tidakoptimum

3. Bajulan
Badannya panjang mirip ular dengan warna yang mencolok belang kuning merah tua. Masih sekeluarga dengan tengkur kuda, bajulan mempunyai perbedaan kelamin yang hampir sama, Jantan bajulan mempunyai kantong benih, Seperti halnya kantong yangterdapat pada tengkur kuda. Moncongnya yangpanjang dipakaiuntuk menyucuk udang udang kecil yang sering terdapat didasar. Olehkarnanya diakuarium mereka akan menyukai sekali udang rebon dan benih Artemia salima.

4. Bayeman Hijau
Bentuk badannya lonjong dengan warna dasarnya gelap dan bintik-bintik putih kehijauan. Bintik bintik ini meliputih sekujur badannya, dan pada bagian muka merupaka garis-garis agak panjang. Sirip-siripnya berwara kuning tua sampai jinggah, juga dipenuhi oleh bintik-bintik ini.
Diakuarium ikan ini erasuk aktif berenang kian kemari diarea yang terbuka. Dengan badannya yang penuh totol-totol berwarna kehijauan itu mereka merupakan penghuni yang cukup cantik.
Ikan ini mudah dirawat diakuarium dan tidak gampang sakit. Mereka mau menerima makan apa saja, mulai makanan awetan berupa ikan kering dan cacing tubifex kering, Sampai makanan hidup berupa udang rebon dan benih Artemia salima.

5. Betmen
Termasuk ikan cantik yang paling banyak peminatnya. Diantara kerabatnya yang sama-sama angelhfish, ikan ini bsa dibedakan dari warna badannya yang kaya akan warna kuning emas dengan garis-garis biru Dan yang paling tidak bisa dilupakan adalah "topeng" Dimata yang tidak ditemukan diikan lain.
Ikan ini dilaut menghuni daerah didepan gua, dan akan cepat-cepat bersembunyi apabila merasakan adanya bahaya. Yang sangat inik dari ikan ini adanya keahlian merekauntuk menghasilkan bunyiceklikan semacam isyarat yang terdengar nyaring dibawah permukaan air.

Semoga bermanfaat !!!

"Kutipan buku Heru Susanto 'Ikan Hias Air Laut'"

Salam blogger !
Load disqus comments

0 komentar