16 Nov 2014

Organisator - Bagaimana peranan seorang ketua dalam Organisasi

Organisasi adaah wadah pembinaan, pengenalan karakter diri, mencari jati diri, dan memehami arti sebuah kehidupan. Didalam organisasi ketua memiliki peranan yang sangat penting dalam memimpin organisasi dalam kurung waktu satutahun. Tak sering benyak kendala yang dihadapi, masalah yang terus menerpa ditengah tengah masa kepengurusan. Setiap kali ada masalah pasti yang kena adalah ketua organisasi.

Menjadi ketua tidaklah mudah, selalu ada masalah yang dihadapi, selalu ada cobaan yang kian menghadang. Disamping itu ketua memeliki peranan. Peranan dalam memimpin suatu organisasi/lembaga yang diikuti. Untuk menjadi seorang ketua perlu diketahui beberapa peranan seorang ketua  antara lain :
Ketua sebagai contoh. Seluruh anggota yang terlibat didalam adah organisasi harus taat dan patuh pada seluruh perkataan ketua. Seorang ketuapun harus memberi contoh yang baik kepada seluruh anggota. Seorang ketua perlu menjaga penampilan, cara bicara, dan etika hingga dapat dijadikan teladan bagi seluruh anggotanya.
Ketua sebagai otak organisasi. Ketua berperan sebagai pemikir didalam organisasi. Memikirkan seluruh program yang akan dilaksanakan selama satu tahun kedepan selama masa periode menjabat. Seorang ketua organisasi ideal dengan pemikiran dan jarang menjadi seorang Tim work. Tindakan yang diambil perlu dipertimbangkan dengan matang agar kecil kesempatan terjadi suatu masalah.
Ketua sebagai Motivator. Ketua harus dapat berperan sebagai motivator diorganisasi. Pemberi solusi yang baik. Disaat anggota mengeluarkan unek-uneknya dan curhatnya, ketua harus dapat berperan menjadi motivator. Memberikan semangat kembali saat anggota mendapatkan suatu masalah. Ketua tak mementingkan diri senidiri tapi mementingkan organisasi apalagi kepentingan suatu organisasi. 
Jadikan diri kita yang membutuhkan organisasi bukan organisasi yang membutuhkan kita, karena kita masuk dalam suatu organisasi karna ingin membuat masalah maka masalah harus dihadapi sesuai apa yang terjadi.

Masalah perlu dalam hidup,
Karena masalah yang membuat kita lebih kuat
~Muh Yusuf~

Load disqus comments

0 komentar