13 Jan 2015

Apa Yang harus ada pada Majalah Dinding (MADING)

Mading atau majallah dinding adalah sebuah media informasi. Mading yang dibuat biasanya berbentuk 2D dan 3D. Mading inilah yang sering dijadikan sebagai ajang perlombaan baik antar kelas, sekolah bahkan tingkat nasional. Cara membuat mading ini tidak sulit karena hanya memerlukan bahan yang mudah didapatkan dan harganyapun cukup terjangkau untuk kantong anda.


Alat yang diperlukan dalam membuat mading yaitu kita dapat memnggunakan alatalat yang sederhana seperti Sterovom atau tripleks sebagai alas mading, Karton/kertas/Cat  sebagai dasar warna dari alas, Kertas HVS dengan variasi warna, kapas/foto/paku/bintang/stiker dan Lainnya sebagai pelengkap mading 

Untuk membuat Mading tentunya memiliki kriteria dalam pembuatannya. Tidak begitu saja kita membuat mading dan menempelkan gambar apalagi jika mading yang dibuat adalah mading perlombaan. kriteria penilaian pembuatan mading terdapat pada isinya. isi mading inilah yang menjadi kunci apakah mading yang kita buat baik terlihat dan dibaca orang atau tidak. 

Yang perlu ada dalam membuat isi mading tersebut antara lain seperti : 

  1. Judul
  2. Salam Redaksi
  3. Artikel
  4. Profil Pembuat
  5. Profil
  6. Cerpen
  7. Cergam
  8. Karikatur
  9. Humor
  10. Komik
  11. Puisi
  12. Pantun
  13. Gambar-gambar pelengkap
Dalam membuatnya pun perlu penataan yang sesuai dan seimbang. Seimbangkan antara gambar dan tulisan agar tampak lebih bagus. Jangan sampai ada tumpan tindih antara materi. Lebih banyak gambar, humor, komik, dan foto maka akan mempercantik mading yang kita buat.

Semoga mading yang teman teman buat tampak baik dan cantik.

Salam Blogger !
     
Load disqus comments

0 komentar