17 Jan 2015

Kenapa Air Laut Itu Asin ? Pandangan Menurut Islam

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa permukaan bumi terdiri dari daratan dan lautan. Perbandingan antara keduannya adalah 1 : 3 artinya lautan lebih luas dari daratannya. Daerah lautan terbagi bebrapa antara samudra dan lautan. Dari lautan tersebut tahukah anda yang fenomenal ? seperti:

Laut Hitam
Laut hitam adalah laut dalam perbatasan antara eropa tenggara  dengan asia kecil, laut ini terhubungkan dengan laut usfarus dengan laut marmara serta laut , laut dimana terkenal dengan armada rusia berada. Dalam ilmu angkatan laut dinamakan laut hitam karena lapisan hidrosulfinanya dimulai dari lapisan dibawah laut sekitar 2.300 meter dari permukaan laut. Dan mendukung populasi yang unik dari mikroba dari sedimenhitam yang mungkin dihasilkan dari oksidasi anerobik etana.

Laut Merah
Laut merah merupakan nama teluk yang berada dijasirah arab yang memisahkan menua asia dan benua afrika. laut merah memiliki lebih dari 300 kilometer dan panjang 1900 kilometer yang memiliki titik terdalam 230 kilometer. Laut yang terbentuk dari perpisahan dari jasirah arab dan benua afrika sekitar 30 juta tahun yang lalu ini menjadi habitat bagi mahluk dan coral

Laut Mati
Mendengar kata laut mati pasti kita membayangkan sesuatu yang mati dan membahayakan jika berada disana. tetapi tidak benar karena laut mati adalah laut yang berada dikawasaln laut paling rendah dipermukaan bumi sekitar 474 ribu meter dari permukaan laut. Laut ini berada dikawasan perbatasan antra israel dan pelstina jordania. Laut yang memiliki kadar garam tertinggi didunia hal ini dikarenakan setiap harinya 17 ribu air laut menguap disetiap permukaan bahkan diklen airnya 90% lebih asin dari air biasa. Sehinggah tidak ada satu hewan pun yang dapat hidup di tempat ini, itulah sebabnya laut ini disebut laut mati.

Nah pernakah anda terfikir dari beberapa fenomena air laut bahwa kenapa air laut asin. Allah SWT berfirman yang artinya "Dan tidak lah sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan masing masing laut itu kamu dapat memakan dagin yang segar dan dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu pakai dan pada masing masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membela laut supaya kamu mendapat karunia-Nya dan bersyukur" (QS Faathir : 12).

Allah SWT menciptakan air yang sangat asin dan cenderung sangat pahit karena kegunaannya untuk kebutuhan mahluk hidup yang berada di daratan. Air laut yang bersifat tenang membuat mahluk hidup dapat hidup di dalamnya. Maka jika air laut itu tawar dan manis maka air laut itu akan busuk karena bangkai ikan mati dan tidak dikubur, maka akan mengganggu mahluk hidup yang lain dan akan selelu busuk karena masih didalam laut bersama bangkai-bangkai ikan di bawahnya, dan udarapun tercemar karena bangkai-bangkai itu dan seluruh duniapun ikut tercemar, Namun Allah SWT dengan segala karunianya menciptakan Air laut yang asing jika bangkai-bangkai ikan tersebut mati maka tidak akan mempengaruhi air laut, Air laut tidak akan berubah mulai dari diciptakan hinggah dunia ini kiamat. Itulah sebabnya mengapa air laut itu diciptakan asing.

Nah itulah penjelasan mengapa air laut itu asin sejak 14 abad silam alquran menjelaskan secara rinci dan hal ini juga menjadi bukti bahwa alquran menjadi kebenaran  yang dapat dibuktikan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Semoga firman allah dalam alquran menjadi bahan renungan bagi kita.

Wassalam..

Salam Blogger !!!

Sumber : Berita Islami Masa Kini
Load disqus comments

1 komentar: