14 Jan 2015

Misteri pocong di Indonesia

Pocong digambarkan sebagai mahluk halus atau biasa dikenal Setan. Pocong adalah arwah dari orang yang telah meninggal dunia. Misteri pocong ini sangat terkenal apalagi di Indonesia. Pocong diceritakan sebagai mahluk halus yang menghantui manusia.

Menurut asal usulnya, pocong adalah manusia yang meninggal dunia, yang semasa hidupnya beragama islam. Pada proses pemakaman orang yang meninggal dunia tidak melepaskan ikatan tali kafan orang tersebut. Sehingga arwah orang yang meninggal tersebut meminta kepada orang-orang sekitar untuk melepaskan tali kaafannya.

Itulah sebabnya orang-orang yang mereka kenal atau berada di sekitar kuburan tempat di makamkannya sering menemui penampakan pocong. Biasanya penampakan ini terjadi pada tengah malam. menganggu masyarakat hingga di ibaratkan sebagai tempat yang angker.

Pocong yang dikenal, juga dijadikan sebagai sumpah oleh sebagian orang. Meskipun dalam agama dianggap sebagai perbuatan yang tercelah akan tetapi jika 2 pihak merasa tidak bersalah maka di buktikan melalui sumpah pocong. Yang sering terjadi sumpah pocong biasanya di daerah jawa, mempercai hal yang keramat. Sumpah pocong juga ditemui dalam pengadilan dan beberapa bentuk pertingkaian 2 pihak yang bertentangan baik masalah warisan dan sebagainya.
Load disqus comments

0 komentar