15 Jan 2015

Kriteria Khusus Calon Ketua Organisasi dalam MeMimPin

Ketua adalah sebuah jabatan yang diberikan sebagai pemimpin dalam suatu kelompok. Ketua sama halnya dengan pemimpin, dimana pemimpin adalah orang yang memberi pengaruh besar kepada orang lain. Ketua berarti menjadi penanggung jawab penuh dalam kelompok apalagi dalam suatu organisasi. Memilih seorang ketua tidak begitu saja, perlu beberapa pertimbangan sehinggah dipilih menjadi ketua. Menjadih ketuapun tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu mengorbangkan materi, waktu, yang harus dijalani selama periode menjabat.

Perlu ada kriteria seorang ketua sehingga dalam memimpin kelompok dapat dilakukan dengan lancar tanpa banyaknya masalah yang dihadapi. Bagi teman-teman yang ingin mencalongkan menjadi ketua atau ingin memilih ketua perlu beberapa kriteria. Berikut kriteria untuk calon ketua :

1. Jomblo
Seorang Calon Ketua harus menjadi tuntutan yaitu tidak memiliki hubungan istimewa kepada seorang perempuan. atau tidak berpacaran dalam artian masih singgel atau jomblo. Hal ini sangat mempengaruhi keadaan organisasi kedepannya karena bisabisa dapat mengganggu proses kepemimpinan. Jika perlu kriteria ini perlu dipatenkan hingga selesai masa priode kepemimpinannya. Meskipun hal ini menjadi kontropersi oleh sebagian orang dengan anggapan menyangkutkan hal pribadi kedalam organisasi tetapi jika tidak di tetapkan maka akan mengganggu proses memimpinnya.
2. Menarik
Menarik yang dimaksud adalah dapat membuat para anggota merasa terkesan dan sebagai tauladan, contoh bagi anggotanya. Berpenampilan yang rapi, sopan dan bertutur etika yang baik adalah artian Menarik. Jangan menganggap menarik adalah berpenampilan bedah sehingga sebagai bahan tontonan. 
3. Tidak Memiliki Jabatan Rangkap
Seorang calon ketua tidak memiliki jabatan yang sama pada organisasi lain. Menjadi ketua beberarti harus lebih fokus dengan apa yang dipimpin dan meninggalkan seluruh urusan organisasi yang lebih penting dari pada organisasi yang dikepalai. Hal ini dapat mengganggu dan dapat membuat masalah karena satu saja organisasi yang dipegang sudah rumit apalagi jika memegang organisasi lebih dari satu. Selain itu hal ini jadi bahan baik tidaknya organisasi kedepan.
4. Jujur dan bertanggung jawab
Seorang ketua perlu jujur dan bertanggung jaab dengan organisasi yang di pegang. Karena ketua akan menjadi tauladan bagi seluruh anggotanya. Bertanggung jawab perlu dilakukan karena segala sesuatu yang saat ini kita pempin maka akan ada tanggung jawabnya bukan cuma di dunia bahkan kita akan diminta pertanggung jawaban di akhirat. 
5. Sehat jasmani dan rohani
Seorang calon ketua perlu sahat jasmani dan rohani. Bagaimana cara memimpin jika ketua yang akan dipilih sakit atau mennderita penyakit yang mudah kambuh, meskipun ada wakil tetapi berperang penting adalah ketua.
6. Mampu bersosialisasi
Seorang ketua juga harus pandai bersosialisasi dalam masyarakat. Maksudnya selain mampu mempengaruhi perlu juga mempu beretorika dengan baik, berbicara di depan umum sehinggah dalam memimpin pun dapat berkomunikasi secara baik. Syarat ini juga adalah syarat yang terpenting dan sebagian orang dijadikan sebagai ujung tombak dipandang baiknya organisasi yang dipimpin.
7. Berprestasi
Ketuapun harus berprestasi baik masalah stady hinggah masalah organisasi. Karena akan menjadi ketua perlu adanya tingkat keberhasilan yang telah dicapai dan telah diakui.
 Semoga teman-teman dapat menjadi ketua yang baik dalam memimpin organisasinya.
Wassalam...

Salam blogger !


Load disqus comments

1 komentar: