12 Nov 2014

Laporan Pertanggung Jawaban Organisasi - LPJ Ketua Panitia, Sekretaris Dan Bendahara

Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) adalah salah satu kegiatan pelaporan seluruh kegiatan yang telah terlaksan mulai dari awal hingga selesainya kegiatan. hal hal yang biasanya dilaporkan mulai dari kendala, cara mengatasi hingga dana anggaran yang telah digunakan. terkadang didalam organisasi LPJ dijadikan ajang perdebatan, argumen pro dengan kontra yang saling berselisi sehingga tak jarang LPJ yang dilaporkan harus diterima secara Bersyarat. 

Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) adalah puncak kesuksesan. Suatu kegiatan yang terlaksana dikatakan sukses jika telah melewati proses LPJ, bukan semerta-merta selesainya kegiatan dikatakan sukses. Selain LPJ suksesnya kegiatan dilihat dari selesainya semua kendala, tidak adanya panitia yang saling cekcok, pinjam uang yang belum dibayar. 

Pembuatan LPJ juga harus segera dibuat oleh panitia pelaksana setelah kegiatan kerana masih panasnya kegiatan yang terlaksana. LPJ yang dibuat terdiri dari LPJ ketua panitia, LPJ sekretaris, Dan LPJ bendahara.  Bukan cuma Laporan Keuangan saja yang dibuat LPJ akan tetapi Ketupat dan sekretarispun harus ada LPJ.

Cara pembuatan LPJ nya tidak sulit hanya seluruh hal yang telah dilakukan lalu dilaporkan, Mulai hari terpilihnya menjadi Panitia hingga Proses LPJ berlangsung. berikut cara pembuatan LPJ :

1. Laporan Ketua Panitia
Melaporkan seluruh kegiatan Mulai dari Alasan dipilih menjadi ketua panitia, Kendala yang dihadapi saat pra kegiatan, dan cara mengatasi Kendala. Semua itu harus dilaporkan oleh ketua panitia
2. Laporan Sekretaris
Melaporkan seluruh surat yang terkirim, Jadwal agenda rapat yang telah terlaksana selama pra kegiatan, hasil rapat yang telah terlaksana, jumlah proposal yang dikirim, jumlah proposal asese, proposal belum terkirim, Hadia, Plakat, Piala, Sistem penilaian, Rekomendasi jika ada, Foto kegaiatan.
3. Laporan Bendahara
Malaporkan seluruh keuangan mulai dari sumber dana, tambahan dana yang diperleh, Rincihan pengeluaran dana anggaran yang digunakan, dan yang palin penting adalah bukti pembayaran yang terperah pada rincihan pengeluaran. 

 Laporan pertanggung jawaban organisasi adalah Puncak kesuksesan suatu kegiatan. Jika tidak melakukan LPJ maka kita sendiri yang akan menanggung dosa, kita akan diadili suatu saat nanti atas kegiatan yang dilaksanakan.

Semoga bermanfaat !!!
Load disqus comments

0 komentar