10 Nov 2014

AlasanCincin Kawin dipasang pada jari manis - Perkawinan

Cincin Kawin identik dipasang di jari manis pasangan. Biasanya cincin kain dipasang pada saat pertunangan antara pasangan. Tahukah anda mengapa cincin kawin dipasang di jari manis seseorang ? Pasti anda tidak menyadari kalo cincin kain di pasang di jari manis memiliki arti yang khusus sehingga di pasang pada jari manis.

Jawabanya karena pemasangan cincin kain telah ada sebelum peradaban mesir sekitar 100 tahun SM. pada saat zaman mesir kuno pemaikaian cincin kawin telah digunakan, menggunakan bahan yang di bentuk bundar seperti cincing sekarang digunakan. Cincin kawin yang di pakai adalah cincin kawin yang terbuat dari kayu, kawat, besi.

Menurut nenek moyang negara cina mengatakan bahwa setiap jari memiliki arti yang berbeda. Jempol melambangkan orang tua, Telunjuk melambangkan saudara, Jari Tengah melambangkan diri sendiri, Jari Manis melambangkan pasangan Dan Jari kelingking melambangkan anak. Jika kedua jari tangan detempelkan, Jari tengah di lipat turun maka bisa di baca baha Ibu jari bisa lepas yang artinya anak antara orang tua akan berpisah, Telunjuk pun akan berpisah bahwa antara saudara kita akan berpisa dan begitupun kelingking yaitu anak akan berpisah. Akan tetapi jari manis tidak akan terpisah melambangkan bahwa antara pasangan yang telah ditentukan tidak akan berpisah dan akan bertemu kembali diakhirat setelah meninggal didunia.

Itulah sebabnya cincin kawin di pasang di jari manis seorang perempuan atau laki laki yang akan melangsungkan pernikahannya. 

Semoga bermanfaat !!!
Load disqus comments

0 komentar