27 Nov 2014

Ikan Bendera - Ikan Laut Populer

Banyak ragam ikan  laut dipasaran, dan beragam pula nama da bentuknya. Tidak jarang antara ikan yang satu dengan yang lainnya sangat mbairip sehinggah membigungkan orang awam atau orang pemula yang baru kenal. Sebaliknya ada juga ikan yang sungguh-sungguh berbeda dengan ikan-ikan kebanyakan yang begitu mempengasona orang, tetapi masih saja kita sulit mengIngat namanya. Seperti ikan scorpio yang mempunyai bentuk bak kalajengking serta berumbai-berumbai.
Berikut adalah ikan bendera yang juga populer dikalangan ikan air taar :

- Famili ~ Zenclidae
- Genus ~ Zanclus
- Spesies ~ Zanclus cornutus
- Kelompok ~ Moorish
- Nama inggris ~ Moorish idol, Toby
- Nama Lain ~ Moris idol
- Penyebaran ~ kawasan pantai indo-pasifik dari laut merah sampai meksiko

Ikan ini cukup banyak penggemarnya. Bentuk mirip ikan Maanvis air tawar dengan sirip punggung tinggi  yang mirip bendera (Umbulumbul). Warna dasar badannya kekuningan dengan dua buah setrip yang lumayan lebar berwarna hitam. Pada mongcongnya terdapat bidang mirip segitiga berwarna hitam, diikuti dengan berwarna kuning yang bertepi hitam.

Sirip punggungnya yang mencuat tinggi sering menjadi sebab kematiannya. Mungkin karena sifat isengnya mereka bermain diantara batu karang akhirnya tergores. Namun tidak jarang kematian datang juga dikarenakan mongcongnya yang runcing mirip bebek itu.

Dengan menjaga kondisi air tetap bagus ikan yang sering diklaim sulit makan ini akan mudah menyantap makanan yang disodorkan kepadanya. Dengan memberikan udang rebong hidup kita boleh berharap mereka akan menerimanya, juga apabila kita sediakan mereka cacing hidup.


Semoga bermanfaat !!!
"Kutipan buku Heru Susanto 'Ikan Hias Air Laut'"

Salam blogger !

Load disqus comments

0 komentar