16 Nov 2014

PKN - Tipe - Tipe Budaya Politik

Menurut Gabriel Almond dan Sidney Verba dalam kehidupan bermasyarakat dapat di jumpai setidaknya ada tiga tipe budaya politik, yaitu masyarakat dengan tipe budaya politik parokial, budaya politik kaula, dan budaya politik partisipan.

Tipe budaya parokial
Didalam suatu masyarakat di mana sikap dan orientasi politiknyasangat didominasi oleh karakteristik yang bersifat kognitif maka akan membentuk masyarakat yang partisipan.
Dalam masyarakat dengan tipe parokial, masyarakat tidak sama sekali menyadari untuk apa mereka melakukan kegiatan politik. Kesadaran kognitif politiknya sangat terbatas pada pengetahuan bahwa kekuasaan politik memang ada dalam masyarakat, dan keikut sertaan lebih banyak karena mobilisasi, solidaritas atau ikut-ikutan.

Tipe budaya kawula.
Dalam sebuah masyarakat yang mempunyai kecenderungan sikap dan orientasi politik dengan karakteristik yang bersifat efektif,  maka akan membentuk budaya politik yang bersifat kuwula, Pada sifat politik kuwula masyarakat cenderung bersifat menerima, karena merasa tidak mampu mengubah sistem politik yang ada, sehinggah tidak ada jalan lain bagaimana kecuali patuh, setia, dan mengakui segala intruksi dalam berbagai kegiatan politik.

Tipe budaya partisipan dan demokratis
Masyarakat dengan tipe partisipan memiliki kompetensi politikyang tinggi, dimana warga masyarakat mampu memberikan evaluasi terhadap proses politik yang sedang berjalan. Masyarakat sudah mulai melibatkan diri secara intensif dalam berbagai kegiatan politik .  Mereka bisa menjadi anggota aktif organisasi kemasyrakatan , organisasi politik atau anggota masyarakat yang biasa dapat nila dengan penuh kesadaran terhadap sistem politik. Mampu memberi masukan atau solusi mengenai kebijakan pemerintah maupun menentukan posisi dirinya sendiri dalam politik.

Semoga Dapat bermanfaat !!!

Sumber : Suprapto,Ngadimin Winata ,  Edison A. Jamil, Suharyanto, Vipti retna nugraheni, Sri puspita murni.Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Kelas XI.jakarta:Bumi Aksara

Ketika Kita Ingin Melihat PELANGI Yang Indah
Maka Kita Membutuhkan Hujan Dan Matahari
~ Fatur ~
Load disqus comments

0 komentar