17 Nov 2014

Olah Konsentrasi - Cara Menghilangkan Nerves saat tampil di depan panggung

Teater adalah salah satu seni yang menggunakan seluruh tubuh untuk berekspresi. Berteater tidaklah muda perlu kerja ekstra untuk dapat berteater. Seluruh Kekuatan akan habis hanya kerena dengan berteater apalagi jika telah tampil diatas panggung 50% tenaga akan dikuras oleh rasa gerogi/nerfes saat akan tampil. Berakting menjadi bagian berteater yang biasanya di pertunjukkan dalam sebuah pementasan seni.

Pertunjukan seni tidaklah mudah apalagi ingin memproduksi karya perlu persiapan yang betulbetul matang minimal persiapan sebelum pentas adalah 3 bulan. Itupun waktu tiga bulan adalah waktu yang sedikit untuk memproduksi suatu karya seni. Meskipun pementasannya hanya berjalan selama beberapa menit akan tetapi rasa puas yang didapatkan setelah tampil akan terasa. 

Sebelum melakukan suatu pertunjukan perlu bekal untuk latihan dasar berteater. Latihan ini harus sering dilakukan ketika hendak persiapan latihan antar lain latihan Olah Vocal, Olah Nafas, Olah Tubuh, Dan Olah Konsentrasi. Keempat ini harus dilakukan agar saat tampil dipanggung kita tidak nerfes. 

Latihan teater untuk dapat tampil didepan panggung agar menghilangkan rasa nerfes atau deman panggung harus dilakukan olah konsentrasi antara lain :

Olah Konsentrasi adalah latihan menguji konsentari berteater, latihan ini berfungsi saat berada diatas panggung kita tidak lupa saat nerfes. selain itu latihan konsentrasi adalah untuk penghafalan naska atau ekting. Seperti jika dalam naska akan menjadi patung maka tubuh tidak goyang, jika tidak sering melatih konsentrasi kaki akan gemetaran dan sebagainya.
Sebelum latihan dimulai perlu anda lakukan pemanasan seperti olah raga biasa setelah itu dapat dilakukan latihan olah konsentrasi. Setelah melakukan pemanasan lanka selanjutnya adalah lari keliling lapangan dengan menggunakan isyarat misalkan tepukan pertama jalan biasa, tepukan kedua jalan jinjit, tepukan tiga jalan dengan punggung luar telapak kaki, tepuk empat jalan dengan punggung dalam kaki, tepuk lima baring, tepuk enam lari. Semua ini dikombinasikan untuk menguji konsentrasi yang dimiliki.
Selain itu perbanyak pemanasan dengan lari dijinjit agar kaki tidak gemetaran saat dipanggung
Konsentrasi yang lain seperti lari melingkar  dengan menunjuk titik ditengah dengan isyarat yang sama seperti diatas.

Salam Blogger !!!

Sukses adalah impian setiap orang,
Maka lakukan yang meurutmu itu baik 
~Muh Yusuf~
Load disqus comments

0 komentar