23 Nov 2014

Wujud Budaya Politik

Wujud hasil budi daya masyarakat dalam bidang politik itu berupa hal hal sebagai berikut.
Sistem politik, peraturan - peraturan hukum, ide atau gagasan, norma - norma, nilai - nilai yang bersifat abstrak. Dalam hal ini disebut budaya ideal atau adat istiadat atau cultural system. Contohnya sistem pemerintahan negara indonesia RI, Peraturan perundang  undangan mengenai pemilu, tata cara pengangkatan/pelantikan presiden dan wakil presiden, tata tertib sidang MPR/DPR, tata tertib kampanye dan sebagainya.
Aktifitas atau tindakan berpola dalam masyarakat dalam melakukan kegiatan-kegiatan politik. Contohnya pelaksanaan tata kerja lembaga pemerintah, kegiatan pemungutan untuk pemilihan presiden, DPR/DPRD atau kepala Daerah, kegiatan kampanye partai pilitik, dapat berupa pawai debat politik, debat politik, kongres, pelaks
anaan sidang sidang kabinet, demonstrasi menentang kebijakan pemerintah dan sebagainya. kegiatan - kegiatan ini di sebut sistem sosial (social system).
Benda  benda atau alat - alat yang diciptakan dan digunakan untuk mendukung sistem dan aktifitas politik (Budaya fisik). Contohnya tanda partai politik, gambar - gambar kontestan pemilu, kartu pemilu, bilik pemungutan suara,npamflet, selembaran, atribut partai politik dan lain-lain.
Ketika wujud budaya politik ini dapat kita ketahui dan kita cermati dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai ujud budaya politik bangsa indonesia.
Semoga Dapat bermanfaat !!!

Sumber : Suprapto,Ngadimin Winata ,  Edison A. Jamil, Suharyanto, Vipti retna nugraheni, Sri puspita murni.Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Kelas XI.jakarta:Bumi Aksara

Ketika Kita Ingin Melihat PELANGI Yang Indah
Maka Kita Membutuhkan Hujan Dan Matahari
~ Fatur ~
Load disqus comments

0 komentar