18 Nov 2014

HBD - Budaya Berulang tahun yang menyimpan

Ulang tahun adalah hal yang menyenangkan dalam hidupkita kerena umur yang telah bertambah menandakan kita telah beranjak dewasa. Bertambah umur kurung waktu satu tahun sangat berkesan dalam hidup kita apalagi pada umur 16 tahun beranjak ke umur 17 tahun adalah awal yang sangat menyenangkan berhadapan dengan kedewasaan.

Dihari ulang tahun perlu perencanaan yang lebih akurat dengan waktu, kelakuan anak-anak telah diubah secara perlahan menuju tingkat kedewasaan. Kita juga pandai - pandai melihat sesuatu yang terjadi dilingkungan. Menginjak umur 17 dari fase remaja menuju dewasa adalah tingkat ingin tahu yang tinggi, sehinggah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan selalu bersihkeras mendapatkannya dengan segala hal. 

Orang yang berulang tahun perlu kita ucapkan selamat atau mendoakan kedepannya. Melihat cara merayakan ulang tahun sekarang ini semakin meledak dengan cara ulang tahun yang tidak sesuai dengan budaya yang didapatkan. Seseorang yang berulang tahun perlu diberikan ucapan dan doa.

Budaya yang kian nampak adalah budaya memberikan pemberian kue ulangtahun dan pemotongan kue ulang tahun. Hal ini yang diterapkan orangorang barat saat berulang tahun. Budaya inilah yang dipakai di kalangan remaja sekarang ini yang menyimpang. Seharusnya kue ulang tahun yang dipotong dan dimakan mala dijadikan sebagai cara yang tidak sesuai, Saling melempar kue ulang tahun yang telah di tiup. 

Budaya saling melempar kue ini yang sekarang marak dikalangan remaja. Padahal yang dilempar adalah makanan yang baik, membelinyapun tidak murah, kita harus sepandai-pandainya menghargai sesuatu apalagi makanan. Banyak sekarang ini orang-orang ingin makan diluar sana padahal kita hanya membuang-buang makanan. 

Aktivitas yang seharusnya diterapkan oleh remaja yang berulang tahun cukup memberikan selamat dan doa kepadanya, Saling makan ke secara bersama tanpa melempar, jika perlu jadikan hari ulang tahun anda untuk berpuasa atau duduk dikamar untuk zikir dan bershalawat. Itulah hal yang seharusnya di terapkan oleh remaja.

Salam Blogger !!!

Tetap bertahan pada budaya yang tidak melanggar syariat 
~Muh Yusuf~

Load disqus comments

0 komentar