30 Oct 2015

SEJARAH KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA



Bahasa Indonesia adalah bahasa yang berasal dari bahasa melayu. Perkembangan bahasa Indonesia menjadi bahasa melayu barawal pada zaman kerajaan sriwijaya. Kerajaan sriwijaya yang menguasai nusantara sebelum di sebut Indonesia menggunakan bahasa melayu dalam kesehariaan bermasyarakat. Bahasa melayu di gunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) dalam masyarakat anat suku. Bahasa melayu pun di gunakan sebagai bahasa penghubung antara kerajaan- kerajaan di nusantara. Telah menjadi kewajiban untuk menggunakan bahasa melayu saat berdiskusi ataupun dalam perjamuan
di dalam kerajaan. Bahasa melayu di jadikan sebagai bahasa kebudayaan yang di dalamnya berisi sastra. Hubungan antar sukupun dapat terjalin karena bahasa yang di mengerti.
Barulah setelah kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945  di sahkan UUD sebagai undang-undang dasar Negara Indonesia menyatakan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara yang kini di pakai oleh seluru masyarakat Indonesia. Sebelumnya bahasa Indonesia telah di ikrar kan pada 28 Oktober 1928oleh  seluru pemudah di pelosok nusantara yang di kenal dengan “Sumpah Pemuda”. Teks yang menyatakan bahasa Indonesia adalah “Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku menjungjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”
Dalam berbahasa Indonesia perlu sesuai penempatannya. Dimana dan kapan menggunakan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia memang penting, akan tetapi jangan sampai penempatannya salah. Seperti menggunakan bahasa Indonesia di lingkungan keluarga yang menggunakan bahasa daerah. jika di lingkungan keluarga menggunakan bahasa daerah maka kita pun harus menggunakan bahasa daerah. kecuali jika berada di lingkungan sekolah atau kantor. Barulah kita menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi.
Selain sebagai penyeimbangan, bahasa indonesiapun di aplikasikan di lingkup internasional. Ir.Soeharto jika berpidato di depan Negara lain, beliau tetap menggunakan bahasa indonesia. Hal ini di karenakan untuk menjadikan bahasa indonesia sebagai bahasa internasional. Soeharto berpendapat, jika pemimpin di Negara lain menggunakan bahasa negaranya sendiri dalam berpidato sedangkan kita tidak mengerti sehingga soeharto juga jika berpidato di depan Negara lain menggunakan bahasa Negara sendiri yaitu bahasa indonesia.
Kedudukan bahasa Indonesia antara lain sebagai bahasa nasional, bahasa yang di kuasai oleh seluru masyarakat. Sebagai kebanggaan bangsa karena bahasa indonesia adalah bahasa yang tidak di miliki oleh Negara lain baik Jepan, Malaysia, Inggris Dan Negara lainnya sehinggah kita perlu bangga sebagai bangsa indonesia yang memiliki bahasa persatuan. sebagai Alat komunikasi penghubung antara masyarakat dan sebagai pemersatu bangsa yang berbeda suku, agama, ras, adat istiadat dan budaya. Meskipun kita berbeda suku, agama, ras, adat istiadat dan budaya tapi kita memiliki bahasa persatuan yantu bahasa indonesia.
Load disqus comments

0 komentar