27 Sept 2014

Ciri-ciri pokok kebudayaanCiri-ciri pokok kebudayaan

Anda lebih memahami pengertian budaya atau kebudayaan, perlu diketahui ciri pokok kebudayaan yaitu sebagai berikut :
kebudayaan menunjukkan sifat kenisbian
Artinya tidak ada ukuran baik atau buruk, Tinggi atau rendah. Kebudayaan itu tidak ada ukurannya, oleh karena itu sifat yang eknosentris adalah sikap yang sangat salah dan berbahaya.
Kebudayaan dimiliki bersama
Kebudayaan itu tidak berlaku pada perorangan, tetapi merupakan milik kolektif masyarakat. Segenap masyarakat memiliki secara bersama-sama sejumlah pola-pola berfikir dan berkelakuan yang diperolehnya melalui proses belajar.
Kebudayaan adalah hasil proses belajar
Kebudayaan diwariskan kepada generasi penerus melalui pendidikan dan pelatihan agar mampu meneruskan kehidupannya melalui proses sosialisasi dan enkulturasi.
Kebudayaan dapat disesuaikan (adaptif)
Kebudayaan adalah produk kehidupan manusia, maka kebudayaan harus diciptakan sesuai kebutuhan-kebutuhan hidup, baik sebagai kebutuhan fisik-biologis sebagai kebutuhan primer, kebutuhan sosial sebagai kebutuhan sekunder, maupun kebutuhan integratif.
Kebudayaan merupakan suatu integrasi.
Dalam kebudayaan ada unsur-unsur dan sifat-sifat yang terdapat menjadi satu kebutuhan, maka perubahan pada suatu unsur sering menimbulkan benturan pada unsur-unsur kebudayaan yang lain.
Kebudayaan selalu berubah
Dalam setiap kebudayaan selalu ada kebebasan tertentu pada individu, pada kebebasan individu ini memungkinkan adanya perubahan atau variasi yang pada akhirnya menjadi milik bersama masyarakat.
Semoga Dapat bermanfaat !!!


Sumber : Suprapto,Ngadimin Winata ,  Edison A. Jamil, Suharyanto, Vipti retna nugraheni, Sri puspita murni.Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Kelas XI.jakarta:Bumi Aksara



Ketika Kita Ingin Melihat PELANGI Yang Indah
Maka Kita Membutuhkan Hujan Dan Matahari
~ Fatur ~
Load disqus comments

0 komentar