4 Nov 2015

Makalah Fungsi pancasila sebagai Filsafat dalam sila keempat

FUNGSI PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT DALAM SILA KEEMPAT



NAMA    : MUH YUSUF
NIM    : 15124509
PRODI    : TEATER

INSTITUT SENI DAN BUDAYA INDONESIA
SULAESI SELATAN

Kata Pengantar
Assalamu alaikum r.b
Salam sejahtera. Puji syukur atas tuhan yang maha esa atas berkatnya sehinggah kami dapat menyelesaikan makalah pancasila dengan judul fungsi pancasila sebagai filsafat dalam sila keempat.
Pada makalah yang kami buat sedemikian rupa kami paparkan semoga makalah ini dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi pembaca, kami juga meminta maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisannya.
Akhirkata kami ucapkan terima kasih.
Penulis

      Muh. Yusuf

DAFTAR ISI
SAMPUL
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
1)    Latar belakang
2)    Rumusan masalah
3)    Tujuan
Bab II Pembahasan
1)    Fungsi pancasila sebagai filsafat dalam sila keempat
Bab III Penutup
1)    Kesimpulan

BAB I
PENDAHULUAN
1.    Latar belakang
Pancasila sebagi filsafat bangsa harus mampu menjadi perangkat dan pemersatu dari berbagai ilmu yang dikembangkan di Indonesia. Fungsi filsafat akan terlihaat jelas, kalau di negara itu sudah berjalan keteraturan kehidupan bernegara. Pancasila merupakan suatu sistem filsafat. Dalam sistem itu masing-masing silanya saling kait mengkait merupakan satu kesatuan yang menyeluruh. Di dalam Pancasila tercakup filsafat hidup dan cita-cita luhur bangsa Indonesia tentang hubunagan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesame manusia, hubungan manusia dengan lingkungannya. Menurut Driyakarya, Pancasila memperoleh dasarnya pada eksistensi manusia sebagai manusia, lepas dari keadaan hidupnya yang tertentu. Hal yang mendasari kami untuk menganalisa pancasila sebagai filsapat Negara yang erat kaitannya dengan sila keempat.
2.    Rumusan Masalah
1)    Bagaiman fungsi pancasila sebagai filsafat dalam sila keempat
2)    Tujuan
3)    Untuk mengetahui bagaimana fungsi pancasila sebagai filsafat dalam sila keempat.

BAB II
PEMBAHASAN
1.    FUNGSI PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PADA SILA KEEMPAT
Fungsi filsafat pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada sila keempat “Kesejahtraan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyaraatan indonesia” . Sila yang bersifat fundamental atau mendasar dalam kehidupan dan bernegara, menonjol pada kesejatraan social, ekonomi, politik, social dan budaya. Segala aspek yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat bangsa tersebut dan yang berkaitan dengan kelangsungan hidup Negara indonesia. Oleh Karena itu, fungsi Pancasila sebagai filsafat dalam kehidupan bernegara, haruslah memberikan jawaban yang mendasar tentang hakikat kehidupan bernegara. Hal yang fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, susunan politik atau system politik dari negara, bentuk negara, susunan  perekonomian dan dasar-dasar pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam hal ini Pancasila yang dikaji dari sudut fungsinya  telah mampu memberikan jawabannya.
Akan tetapi melihat kondisi saat ini, erat kaitannya dengan sila keempat tidak sepenuhnya terealisasi. Pada kondisi ini masyarakat berbangsa dan bernegara makin terbelakang, krisis social, ekonomi, politik, dan budaya. Yang dapat dirasakan dari krisisnya masyarakat ini adalah kurang nya partisipasi pemerintah melihat kondisi yang di alami Seperti tidak stabilnya ekonomi membuat golongan masyarakat kecil terbebani, ditambah dollar yang saat ini tidak menentu posisinya. Pemerintah memang telah menyediakan sarana dan prasarana untuk kebutuhan masyarakat akan tetapi lemah pada proses pelayanannya. Pegaiwai pemerintah akan bekerja lebih cepat jika mereka di beri uang tapi jika tidak maka mereka bekerja dengan santai bahkan menuju kantor pun tidak tepat waktu. Hal inilah yang selalu menjadi pro dalam masyarakat yang sering terjadi dilingkungan pemerintah.
Masyarakat pun menilai negative terhadap pemerintah terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi. Misalnya pada persiteruan antra lembaga, bukannya mencari solusi mala menambah masalah lalu yang disangkutpautkan pada persiteruan ini adalah rakyat. Rakyat  mencari kesejahtraan bukan menambah masalah. Dimana letak kesejahtraan Negara jika pemerintah selalu bersiteru. Kapan pemecahan masalah akan terselesaikan, rakyat butuh tindakan. Politik Negara juga semakin panas.Demi mendapatkan jabatan peperangan antar partai terjadi, saling aduh mulut hinggah bersilat lida menebarkan butiran janji-janji kepada masyarakat. Masyarakat seakan dibohongi dengan sogokan uang.
Para mahasiswa selalu berunjuk rasa meminta keadilan tapi dianggap sebagai pelecehkan, menjatuh kan hargadiri, dan tidak beretika. Mahasiswa melakukan ini karna mereka jeli terhadap sikap pemerintah member harapan kepada masyarakat. Karna dengan cara inilah aspirasi masyarakat terhadap pemerintah dapat dituangkan. Pada hari-hari nasional pun mahasiswa mewakili masyarakat Indonesia melampiaskan segala curahan, keinginan, harapan kepada pemerintah.
Dalam fungsi filsapa tpancasila pada sila keempat berjalan dengan kaku. Penerapannya masih sangat dipengaruhi pada kondisi yang tidak stabil. Sehingga fungsi pancasila sebagai filsafat masih kurang penerapannya dalam lingkungan masyrakat, berbangsa dan bernegara. Keadilan semakin terperosot, masyarakat mencari keadilan tapi dibutahkan den ganuang, Keadilan yang dikenal masyarakat tidak seperti keadilan yang  dicita-citakan. Keadilan pada seluruh masyarakat berbangsa dan bernegara harus sama di depan hokum sesuai landasan idil Negara yaitu pancasila. Tidak membeda-bedakan antar masyarakat yang memiliki uang yang banyak dengan masyarakat golongan atas yang serba mencukupi. Keadilan saat ini dibeli dengan uang, mereka dapat mempercepat masa hukumannya setelah diadili,  keluar masuk penjara dengan jangka waktu pendek. Inilah cirri masyarakat yang tidak menerapkan fungsi pancasila sebagai filsafat pada sila ke-4.
Apakah yang dirasakan masyarakat akan selamanya sepertiini, tanpa memilih pemimpin yang bijak sana, adil, berjiwa kemanusiaan hanya jabatan dan harta. Apa gunanya sila ke-4 jika hanya sebagai pajangan pada dinding atas rumah, sekolah, dan kantor.

BAB III
PENUTUP
1.    Kesimpulan
Dari Hasil analisis kami dapat menyimpulkan baha fungsi filsapat pancasila terkhususnya pada sila keempat masih sangat kaku dalam penerapannya dalam kehidupan seharihari. Dukungan antara masyarakat dan pemerintah pada krisis ekonomi dan politik di tanggapi dengan kepentingan pribadi.

Daftar Pustaka
1.    http://www.pusakaindonesia.org/pancasila-sebagai-filsafat-bangsa-indonesia/

Load disqus comments

0 komentar