3 Nov 2015

Tips Mencari Ide Baru



Ide adalah sebuah gagasan utama dalam membuat suatu cerita. Saat membuat cerita, ide sangat penting dibutuhkan karna dari idelah yang membuangun suatu cerita. Menemukan ide perlu hal yang baru yang kita ciptakan sendiri sehingga orang lain dapat melirik karya yang dibuat. Membuat ide dengan konsep baru yang tidak perna dipikirkan orang lain, tampil berbeda jika perlu ide itu dapat berbentuk hal yang gila.

Jika anda bingung menemukan ide ada beberapa tips dari Artikel zona karya agar menemukan ide ide yang dapat di tuangkan dalam karya anda. Antara lain :

1. Menyendiri
Menyendiri di suatu tempat adalah hal yang dapat dilakukan. Merenungkan apa ide yang akan anda ambil dalam sebuah karya. Menyendiri dapat dilakukan dengan berdiam diri didalam kamar tampa suara-suara bising dari luar agar kita lebih fokus dalam menemukan ide.
 2. Sering
Cobalah untuk membicarakan konsep yang akan anda buat pada orang dekat anda. Apakah itu teman, sahabat, pacar, kakak, ade dan lainnya. Coba seringkan bagaimana konsep yang akan dibuat. Cobalah untuk mendengarkan konsep saat sering, jangan langsung mengomentari dengan ide yang diberikan. Seringkan pada beberapa orang terdekat lalu simpulkan ide itu dalam konsep tertulis.
 3. Mendengarkan Music
Coba mencari ide yang dekat dengan keseharian, seperti mendengarkan musik. Biasanya musik yang didengar dapat membuat sesorang larut kedalam musik itu sehingga dapat menungkan cerita musik/lagu itu kedalam bentuk karya yang akan anda buat.
4.  Menganalisa
Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan menganalisa hal-hal yang terjadi disekitar anda. Coba anlisa bagaimana proses terjadinya konflik tersebut lalu tuangkan kedalam konsep yang akan anda buat. Menganalisa dapat anda lakukan dengan memerhatikan hal yang terjadi apakah pada saat anda menuju kampus atau bekerja atau sedang nonton tv.
5. Jalan-jalan
Mencari idepun dapat anda lakukan dengan jalan-jalan. Coba anda berkunjung ketempat wisata atau ketempat keramain, refresing meluangkan waktu, menetralkan fikiran yang terbebani sehingga ide baru dapat anda temukan.
Intinya dalam menemukan ide anda harus jeli terhadap situasi dan lingkungan sekitar sehinggah anda dapat menemukan ide tersebut yang belum terfikirkan oleh orang lain.
 
Load disqus comments

0 komentar