27 Mar 2015

Tips ampuh membuat Film Pendek

Membuat film bukanlah segampang saat kita menontongnya. Pernaka kita terfikirkan untuk membuat film.membuat film adalah suatau hal yang cukup rumit dan memerlukan kesabaran. Membuat film pun tidak perlu menggunakan peralatan yang canggih. dengan bermodalkan handpone pun kita dapat membuatnya.

Pertanyaannya apakah kita sudah tahu bagaimana cara membuat film? apakah seperti kita menggabar? tidak, film perlu beberapa langka-langka sehingga kita dapat memproduksi film. membuat film tidak perlu kita harus mengikuti seminar selama 5 bulan atau harus menjadi anggota filmrs ataupun harus kuliah terlebih dahulu. Contonya kita ingin membuat film pendek dengan durasi 5 menit sampai 50 menit.

Meskipun begitu ada beberapa tahap antara lain :

Ide

Membuat film bukanlah hal yang dilakukan sendirian akan tetapi kita membutuhkan Timwork. mencari ide ini tigak gampang akan tetapi perlu riset awal apakah film yang akan kita buat berdasarkan cerita nyata yang kita alami atauka cerita teman kita. Bisa saja ide ini datang saat kita berada di wc atau di sungai atau di pinggir jalan. Ide itu harus menarik, keren dan enak dinikmati. apakah bernilai kemanusia, percintaan atau kekeluargaan.

Peralatan

Setelah kita mendapat ide kita perlu membuat naska-nya lalu siapkan seluruh peralatan yang akan di gunakan saat pembuatan film tersebut. Peralatan yang diperlukan dapat berupa handycam atau kamera video apa pun beserta baterai dan charger. Jangan lupa bawa juga mikrofon tambahan dan kabel ekstensinya, tripod, dan yang paling penting, kaset-kaset kosong.

Tinjauan lapangan

Setelah dirasa peralatan telah lengkap dan ide pun telah ada, maka perlu dilakukan tinjauan atau turun kelapangan langsung. Tinjaun tempat yang akan di jadikan sebagai tempat shuting.

Buat sinopsis

Setelah tinjauan lapangan kita harus buat sinopsis cerita. Cerita singkat mengenai film yang akan di buat. Dari situ dapat kita ketahui gambaran film yang di buat dan apakah kita akan wawancara.

Pengambilan gambar

 Langka ini dapat kita lihat dari naskah atau sinopsis, bagaimana langka pengambilan gambar. Kapan dan bagaiman cara berekting yang sesuai dengan naska. Cara pengambilan gambarpun perlu kita akal-akali agar dapat menampilkan gambar yang menarik. Untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus perbanyak nonton film, lihat bagaimana posisi pengambilan filmnya agar terlihat bagus di layar tv.

EDITING

Mengedit film perlu melihat naska agar ketika di edik kita tidak pusing dan salah penempatan gambar. Aplikasi yang di butuhkan mengeditnyapun tidak sulit kita dapatkan. Sekarang ini telah banyak di sediakan Aplikasi pengeditan film yang gratis di internet.

Semoga teman-teman dapoat membuat film dan berjalan dengan sempurna
!
Load disqus comments

0 komentar