26 Mar 2015

Tips perseiapan sebelum mendaki

Mendaki gunung adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun baik itu laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua dan manula sekalipun dapat melakukan kegiatan ini. Untuk mendaki gunung  perlu persiapan khusus, apalagi paradigma mendaki gunung memiliki adalah kita bermain di alam bebas, bermain di tempat yang tidak lazim ditinggali oleh manusia.

Sebelum mendaki gunung ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan. Karena yang akan di hadapi nantinya adalah alam, bukan cuma mental yang tiggi dan pecaya diri. Perlu persiapan yang matang terutama persiapan diri. yang harus di lakukan adalah  

- Energi yang cukup tinggi Jadi, pertimbangkan makanan yang kandungan energinya tinggi 

- Anda perlu membawa bahan makanan yang mudah diolah. Pilih yang di bawah 15 menit. 

Penting bagi Anda untuk selalu membawa makanan Anda sendiri. Jika memungkinkan, pilih tipe dryfood, yang akan meringankan beban Anda. 

- Jangan lupa untuk memilih makanan-makanan yang mudah dikemas dan memiliki masa kadaluarsa yang lama. Simpan makanan Anda dalam kemasan yang rapi, kokoh, namun ringkas

- Pilih makanan yang sesuai dengan selera Anda atau rekan satu tim. Bagaimana pun, makanan yang Anda pilih tak akan mempunyai nilai tinggi sebelum bisa masuk ke mulut Anda. 

- Ingat, jangan lebih besar pasak dari tiang. Sesuaikan juga makanan yang akan Anda gunakan dengan anggaran Anda. Jika memungkinkan, cari dukungan dari sponsor. Tentu saja, untuk hal ini Anda harus memberi imbal balik.

- Pasokan nutrisi yang seimbang akan mempertahankan performa Anda di lapangan, baik secara fisik maupun mental. Dalam perjalanan panjang, pertimbangkan untuk menggunakan multivitamin dan suplemen mineral.


Load disqus comments

0 komentar