5 Dec 2014

Budaya Politik dalam masyarakat indonesia

Budaya politik biasanya berpusat pada imajinasi (pikiran dan perasaan) perorangan, yang merupakan dasar semua tingkalaku politik masyarakat. Sementara sistem nilai yang hidup ditengahtengah masyarakat merupakan kompenen penting bagi pembentukannya yang merupakan refleksi terhadap orientasi, sikap dan perilaku politik masyarakat dalam merespon setiap objek dan proses politik yang sedang barjalan.
Para ilmuan politik yang sangat berperang dalam pengembangan teori kebudayaan politik seperti Gabriel Almond, Sidney Verba, dan Lucian W
. Pye, telah merintis riset tentang keterkaitan antara budaya dan politik. Mereka mengatakan bahwa sitia proses politik senantiasa terjadi dalam lingkup budaya. Artinya dalam jangka waktu tertentu akan selalu terjadi proses dialektika antara kehidupan politik disatu pihak dengan sistem nilai budaya masyarakat  di pihak lain.

Budaya politik merupakan cerminan sikap khas warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, serta pihak terhadap peranan warga negara di dalam sistem politik itu. Oleh karena itu budaya politik merupakanOrientasi psikologis terhadap objek sosial (sistem politik) yang kemudian mengalami proses internalisasi kedalam bentuk orientasi yang bersifat kognitif (pemahaman dan keyakinan), efektif (ikatan emosianal/perasaan), dan evaluatif (penilaian).

Budaya politik juga merupakan rangkaian kepercayaan, kebiasaan, dan perilaku yang berkaitan dengan kehidupan politikyang pada hakikatnya merupakan lingkungan psikologis tempat  kegiatankegiatan politik berlangsung dan memberi pemikiran untuk menolak  atau menerima sejumlah nilai dan norma lainnya.

Semoga Dapat bermanfaat !!!

Sumber : Suprapto,Ngadimin Winata ,  Edison A. Jamil, Suharyanto, Vipti retna nugraheni, Sri puspita murni.Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Kelas XI.jakarta:Bumi Aksara


Ketika Kita Ingin Melihat PELANGI Yang Indah
Maka Kita Membutuhkan Hujan Dan Matahari
~ Fatur ~
Load disqus comments

0 komentar