4 Dec 2014

Penyebaran Islam ke indonesia

Islam adalah salah satu agama yang paling terakhir ada dan diakui oleh Allah SWT. Dari beberapa agama yang perna ada hanya satu agama yang diakui oleh Allah SWT yaitu islam, kitab-kitab Allah SWT telah disempurnakan menjadi alkuran. Seluruh pedoman, petunjuk manusia ada didalam alquran, dan dikitab-kitab Allah SWT juga diterankan bahwa akan datang agama yang baru yang menjadi agama sempurna dan pedoman manusia.
http://artikelzonakarya.blogspot.com/
Di Indonesia sendiri merupakan penganut agama islam terbesar didunia setelah Arab. Penyebaran agama islam di Indonesia tidak semudah membelikkan telapak tangan, perlu waktu yang lama agar masyarakat indonesia percaya dengan agama yang disebarkan. Islam masuk diindonesia pertama kali pada abad ke-6 Masehi. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menyebarkan agama islam di indonesia :

1. Jalur perdagangan

Dahulunya indonesia terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah, hal inipun dimanfaatkan oleh para ulama untuk menyebarkan agama islam. Dengan cara perdagangan kemasyarakat indonesia, berpindah tempat dari satu wilaya kewilaya lain. Saat berdagang di indonesia mereka memperkenalkan islam mulai dari memperkenalkan agama, apa itu islam hinggah mengajarkan mengenai alkuran yang menjadi kitab/pedoman manusia selama hidup didunia. Banyak tantangan yang dihadapi saat mengajarkan islam kepada masyarakat sehingga mereka mereka memengaruhi dengan cara perlahan sehingga masyarakat dapat mengenal islam dengan baik. Para ulama masuk keindonesia mulai dari pulau sumatra utara hingga menyebar ke jawa, kalimantan, sulawesi, maluku dan lainnya.

2. Perkawinan
Cara yang lain untuk menyebarkan agama islam di masyarakat indonesia dengan menikahi perempuan penduduk indonesia. Sehinggah mereka dapat memberikan pemahaman tentang islam, mengejarkan terlebih dahulu kepada istri mereka hinggah menyebar kesaudara sampai penduduk desa.

3. Politik
Cara ini dengan menemui langsung raja-raja daerah tertentu di indonesia, untuk meminta izin mengajarkan agama islam kepada penduduknya. Pada saat indonesia belum disebut indonesia, kerajaan-kerajaan besar diberbagai nusantara tersebar. Dengan cara inilah mereka dapat menyebarkan agama islam.

Semoga bermanfaat !!!

Salam blogger !
Load disqus comments

0 komentar