5 Dec 2014

Pengertian Budaya Politik Menurut Pendapat Para Ahli

Kata budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhaya yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi, artinya akal dan budi, sehingga kebudayaan diartikan semua hal yang bersangkutan dengan akal. Akal hanya ada pada manusia sehingga hanya manusia yang berkebudayaan.
budaya dapat di defenisikan secara sempit dan secara luas. Defenisi secara sempit menyankut kesenian dengan semua cabang-cabang dan defenisi budaya secara luas mencakup semua aspek kehidupan manusia.
Menurut sutan takdir alisjhbana, budaya dalam arti sempit adalah adat istiadat, kepercayaan, dan seni. Budaya dalam arti luas segala hasil dari budi manusia. Semua pengertian kebudayaan yang perna dikemukakan mengandung pengertian bahwa budaya merupakan suatu yang secara sadar di pelajari dan diwariskan. Jadi berbeda yang didapatkan berdasarkan naluri.

Sebagiaan ahli berpendapat bahwa kebudayaan adalah perkembangan dari kata majemuk budidaya yang berupa cipta, rasa dan karsa. Budaya atau kebudayaan itu merupakan hasil yang diperoleh dari cipta, rasa dan karsa yang memengaruhi segenap segi kehidupan sosial manusia. Karena kebudayaan adalah hasil dari kebudayaan bersama manusia (masyarakat) maka kebudayaan itu tidak sama antara satu lingkungan masyarakat dengan lingkungan masyarakat lain. Karena masyarakat itu berkembang maka kebudayaan manusia juga berubah ubah sesuai dengan dinamika kehidupan masyarakat.
Tokoh yang pertama kali memberikan defenisi kebudayaan secara sistematis dan terperinci  adalah E.B Tylor, yang mengatakan kebudayaan adalah suatu yang kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kese
nian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan kemampuan dan kebiasaan kebiasaan yang di dapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Selo Soemardjan dan Soelaman Soemardi mengatakan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta manusia. sedangkan ki hajar dewantara mengatakan bahwa kebudayaan adal budi manusia dalam hidup bermasyarakat.

Semoga Dapat bermanfaat !!!

Sumber : Suprapto,Ngadimin Winata ,  Edison A. Jamil, Suharyanto, Vipti retna nugraheni, Sri puspita murni.Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Kelas XI.jakarta:Bumi Aksara

Ketika Kita Ingin Melihat PELANGI Yang Indah
Maka Kita Membutuhkan Hujan Dan Matahari
~ Fatur ~
Load disqus comments

0 komentar