11 Dec 2014

Cara menciptakan kebersamaan dalam Organisasi

Organisasi adalah adah pengembangan / pembinaan untuk mendapatkan jati diri seseorang. Biasanya organisasi juga diartikan sebagai Wadah untuk mengembangkan bakat kemampuan yang dimiliki dan ada juga yang berpendapat bahwa organisasi adalah pembentukan karakter Emosional Dan mental seseorang. Banyak orang yang dapat mengartikan organisasi sesuai dengan pendapat mereka. 

Pelaku utama dalam organisasi atau Orang yang terbiasa dengan organisasi di sebut juga dengan Organisator. Menjalankan suatu mekanisme organisasi cukup sulit, tergantung dari cara memimpin dan Proses memimpin. Seseorang yang pada proses memimpin merasa memiliki ikatan yang sangat kuat, Proses memimpinnya pun dilakukan secara pleksibel tapi tegas merupan cara yang strategis. Jika pada proses memimpin merasa dia yang memiki kekuasaan penuh, menerapkan cara kaku akan menyulitkan sendiri proses memimpinnya.

- Menciptakan kebersamaan didalam organisasi dapat dilakukan akan tetapi yang pertama perlu diketahui yaitu cara atau proses memimpin kita. Proses memimpin kita tidak boleh kaku dan terlalu keras cukup anda melakukan dengan cara yang santai tapi serius. Dalam mengambil keputusanpun tak boleh egois, memikirkan seluruh keadaan aggota keadaan tim work atau SDM yang dimiliki. Seorang yang dapat menilai cara mempin kita adalah anggota kita sendiri, jika anggota kita merasa senang dan nyaman dalam organisasi maka kita hampir mencapai titik sukses, tidak ada masalah internal antara anggota, saling akrab, dan membiasakan melakukan diskusi bersama dalam mengambil keputusan atau tindakan.

- Langka selanjutnya yang perlu diambil adalah melakukan pekerjaan secara bersama dan serentak. Membiasakan seluruh anggota harus kotar tangan dalam melakukan pekerjaan. Jadikan juga sebagai forum curhat, tampung seluruh uneg-uneg yang dimiliki lalu berikan solusi. Seluruh anggota dalam melakukan pekerjaan harus terus berikan semangat, Canda tawa agar mereka merasa senang. Hindari konflik antara mereka dengan menyatukan dengan sennyum dan kemauan mereka. Ikuti saja apa yang diinginkan tapi jangan sepenuhnya beri hati (Saat Konflik).

- Menciptakan kebersamaan selanjutnya yaitu dengan mengisi aktu kosong dengan canda taa, games jika tidak ada kegiatan. Pada saat kumpul-kumpul antara anggota lakukan komunikasi yang evektif. Kalo perlu kumpul-kumpul uang untuk membeli makanan lalu makan secara bersama. Hal ini dapat membuat terbukanya perasaan terikat dengan organisasi. 

"Ciptakan kebersamaan Karena kebersamaan adalah titik sukses organisasi"

Salam Blogger !



Load disqus comments

0 komentar