6 Dec 2014

Fungsi manusia

Manusia di ciptakan bukan tanpa tujuan, tetapi ia diciptakan memiliki fungsi fungsi sebagai berikut :

1. HAMBA ALLAH
Sebagai hamba Allah, manusia berkewajiban mengabdi kepada Allah oleh karena itu, manusia dilengkapi dengan unsur yang sempurna. Manusia diciptakan dari ruh, hati, nafsu dan akal. Selainn itu manusia di lengkapi dengan organ-organ tubuh yang sangat rumit dan kompleks. Organ yang sangat rumit dan kompleks memiliki fungsi dan tugas masing masing. Semua organ manusia berpotensi sangat pasdan terlihat indah. Manusia tercipta dengan sebaik-baik ciptaan-Nya. Oleh karena itu dengan organ yang adaDalam dirinya seharusnya manusia menggunakan hatinya, penglihatan, pendengaran dan semua organ tubuhnya untuk mengabdi kepada Allah SWT.
 "Dan sesungguhnya kami jadikan neraka jahannam kebanyakan jin dan menusia. Mereka mempunyai qalbu tetapi tidak dipergunakan untuk memahami. dan mereka mempunyai mata tetapi tidak dipergunakan untuk melihat, dan mereka mempunyai telinga tetapi tidak dipergunakan untuk mendengar. Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai" (Al-A'raaf:179)
 2. KHALIFAH
"Dan dialah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah (penguasa penguasa) di bumi dan dia meninggalkan sebagian kamu atas sebagian yang lain beberapa derajat, karena ia hendak menguji tentang apa yang diberikannya kepadamu. Sesungguhnya rabbamu sangat cepat siksanya. dan Dia maha mengampungi lagi maha penyayang" (Al-An'am:165)
Manusia sebagai khalifah berkeajiban melaksanakan amanah yang Allah berikan antara lain :
- Memakmurkan Bumi
"Dan kepada thasamud (kami utus) saudara mereka shaleh. Shaleh berkata: 'Hai kaumku, Sembahlah Allah, sekali kali tidak ada bagimu tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi(Tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya. Karena itu mohonglah ampunan-Nya. Sesungguhnya tuhanku amat dekat (Rahmat-Nya) lagi memperkenangkan (Doa Hamba-Nya)" (Huud:61)
 - Penyebar kasi sayang, Penegak keadilan dan pencita kemaslatan
" Hai daud, sesungguhnya kami menjadikan kamu khalifah (Penguasa) di muka bumi. Maka berilah keputusan (Perkara)  diantara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti haa nafsu. karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan-jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan" (Shaad:26)

 "Kutipan Buku IMAM MASRUDI ACHMAD '5 Kiat Menjadi Remaja Ideal'"

Salam Blogger !
Load disqus comments

0 komentar