9 Dec 2014

Pertunjukan Barongsai

Pada zaman dulu baronsai digunakan untuk mengawal seseorang yang melakukan akad nikah. Hal ini dijadikan lambang sebagai penjaga pasangan nikah yang akan diantarkan kerumah pasangannya. Selain itu barongsai juga digunakan sebagai pengusir arwah-arwah yang tidak enak didalam rumah. 

Barongsai pada umumnya terbagi atas 2 yaitu barongsai Akroba dan Cerita

- Barongsai Akroba
Pertunjukan barongsai ini adalah pertunjukan yang menampilkan dengan suasana yang terlihat lebih membahayakan, menegangkan. Penampilan Akroba dengan persi Barongsai biasanya sangat menarik mata para penikmat, bahaya yang akan didapatkan jika salah satu langka saja dapat membahayakan nyawa.
- Barongsai Cerita
Pertunjukan ini biasanya mirip dengan pertunjukan Teater, Lenong, Wayang. Akan tetapi pada ceritacerita ini lebih terarah pada cerita percintaan. Mempertunjukkan pertunjukan percintaan antara barongsai.
Barongsai juga termasuk salah satu kebudayaan indonesia yang telah diakui. Hinggah saat ini, barongsai pun dijadikan sebagai ajang pertunjjukan yang sebelumnya merupakan pertunjukan yang jarang ditemukan. Pertunjukan dilakukan jika hanya ada acara-acara tertentu.

Untuk indonesia sendiri yang telah diakui barongsai sebagai kebudayaan indonesia telah memenangkan ivent internasional, Indonesia mempertunjukkan pertunjukkan dan mempersembahkan pertunjukan barongsai. Indonesia pun keluar sebagai jura umum pertama pada iven internasional.


Salam Blogger !!!

Load disqus comments

0 komentar