5 Dec 2014

Potensi dalam diri Manusia

Dalam diri manusia ada potensi yang akan menentukan baik atau buruknya seorang manusia :

1. NAFSU
Aspek jiwa yang banyak terpengaruhi oleh unsur materi, cinta kepada hal-hal yang bersifat duniawi, lebih membumi dari pada melangit. jika, Nafsu manusia lebih dominan dari pada hati nuraninya, maka manusia tersebut akan menjadi akan terhina bahkan lebih terhina dari pada hewan. Potensi-potensi kemuliaan pada diri manusia akan tenggelam.Jika nafsu manusia ini bisa terkendali, maka potensi kemuliaan pada dirinya akan muncul.

2. AKAL
Akal berfungsi sebagai neraca/timbangan. Akal mendapat bisikan dari nafsu dan hati. Jika bisikan nafsu lebih keras dan besar, maka akal akan mendukung nafsu dan mencari dali pembenarannya. Jika manusia memiliki akal yang panda, maka ia kan semakin pandai mencari dalihpembenarannya. Sedang jika bisikan hati lebih dominan, maka akal juga akan mendukung dan mencari pembenarannya. Akal akan mencari terus agar kemauan bisa terwujud. Akal inilah yang menjadikan manusia bisa berilmu dan memiliki kelebihan di bandingkan mahluk lainnya.


 3. QALB
Qalb merupakan tempat bersemayamnya fitra manusia. Yakni fitra yang memiliki kecenderungan kepada yang haniif(lurus dan benar). Qalb juga disebut juga hati nurani, artinya hati yang bercahaya. Hati yang suci dan bersih yang menyinari si pemilik hati kepada kebenarannya. Potensi-potensi kemuliaan manusiaditentukan oleh kebersihan hatinya. Semakin bersih hatinya semakin terbuka peluan kemuliaan disisi tuhannya. Tetapi jika seseorang sering melakukan perbuatan dosa maka setiap perbuatan dosa yang dilakukan akan menjadi noda yang menutupi hatinya.  Orang yang hatinya telah mati bagaikan mayat yang berjalan. Ia tidak memiliki penerang. Bagi kehidupannya, berjalan tanpa arah dan hanya menuruti hawa nafsunya dalam kehidupan ini.

4.  RUHANI
Aspek ruhani merupakan aspek kemuliaan yang ditiupkan oleh Allah SWT kepada manusia. Ruh inilah yang membisikkan perkara perkara positf kepada hati manusia. Ruhani manusiaini akan berkuasa jika seseorang mentaati perintah-perintah Allah SWT dan ruhani ini akan rusak jika seseorang mengingkari perintah-perintah Allah SWT.

 Keempat kompenen tersebut merupakan alat manusia untuk menjalangkan perannya sebagai KHALIFAH di muka bimi. Manusia bisa menjadi pemakmur bumi dengan nafsu yang dibimbing ruh, hati dan akal. Dan manusia juga bisa menjadi perusak bumi dengan nafsu yang tidak dibimbing ruh, hati, dan akal.  Nafsu yang lebih dominan dari pada ruh, hati dan akal akan menjadi potensi kemuliaan pada diri manusia berbalik menjadi sebuah kehinaan.


"Kutipan Buku IMAM MASRUDI ACHMAD '5 Kiat Menjadi Remaja Ideal'"

Salam Blogger !
Load disqus comments

0 komentar